Laman

Karena Islam Milik Kita Semua

Jumat, 28 September 2012

Pembinaan Ikhwan LDK UKDM UPI




  Retorika (dari bahasa Yunani ῥήτωρ,rhêtôr, orator, teacher) adalah sebuah teknik pembujuk-rayuan secara persuasi untuk menghasilkan bujukan dengan melalui karakter pembicara, emosional atau argumen (logo) ( wikipedia )
Keterampilan berbahasa secara efektif; studi ttg pemakaian bahasa secara efektif dl karang-mengarang; seni berpidato yg muluk-muluk dan bombastis ( kamus besar bahasa indonesia )
Menurt Beckett Retorik itu adalah seni yang mengafeksi pihak lain dengan tutur, yaitu dengan cara memanipulasi unsur-unsur tutur itu dan respon pendengar. Tindakan manipulasi ini dilakukan dengan perhitungan yang matang sebelumnya (d. beccket)
Retorika Islam adalah  Penjelasan yang disampaikan atas nama islam kepada sekalian manusia; orang muslim atau nonmuslim, untuk mengajak mereka kepada islam, atau mengajarkan keislaman, dan mendidik mereka secaa akidah dan syariah, ibadah dan muamalah, serta pemikiran dan tingkah laku.
Retorika islam  ini memiliki karakteristik kapabliitas dan universalitas sesuai dengan keluasan dan keumuman islam itu sendiri. Sudah tentu retorika islam itu mencakup semua inti permasalahan agama yang berkaitan dengan akidah, hal – hal ghaib, atau syi’ar dan peribadatan syariah. Pun retorika islam mengandung permasalahan politik, kenegaraan, norma – norma, dan etika kemanusiaan, dll Dengan demikian, maka retorika islam itu tidak hanya terpaut pada permasalahan mental spriritual saja.
Metode-metode retorika Islam :

1.      Tradisional
a.       Khutbah
b.      Ceramah
c.       Pengajaran
d.      Buku, dll
2.      Modern : akun jejaring sosial, dll.
Retorika dalam Al qur’an dijelaskan dalam Q.S. 16 : 125 yang artinya adalah sebagai berikut.
“ serulah manusia ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik “
Dari ayat diatas ada tiga poin penting yang harus kita fahami :
1.      Mengajak manusia dengan cara hikmah
http://4.bp.blogspot.com/-0M1ThKCwD64/UGYt6oVK9II/AAAAAAAAAEs/C_fuOUU8Myc/s320/ikhwan2.jpg


Pengertian hikmah disini ialah mengajak bicara kepada akal manusia dengan dalil – dalil ilmiah yang memuaskan, dan dengan bukti logika yang cemerlang. Semua itu dimaksudkan untuk mengikis keragu raguan dengan argumentasi dan penjelasan
a)      Berbicara kepada seseorang dengan bahasanya
b)      Bersikap ramah
c)      Gerakan bertahap
2.      Mengajak manusia dengan pelajaran yang baik ( mau’idzhah hasanah )
Jika cara hikmah lebih mengajak berbicara kepada akal agar memaklumi pesan pesan, maka dakwah dengan cara mau’izhah hasanah adalah mengajak berbicara kepada hati dan perasaan agar menyadari dan tergerak untuk bertindak
3.      Berdialog dengan cara yang baik
Sering kita mendengan yang namanya debat kusir dan debat yang diperbolehkan oleh Islam. Mungkin kita pernah mendengan dari ulama kita bahwa jangan berdebat karena berdebat itu lebih banyak mudaratnya. Mungkin yang dimaksud ulama tersebut adalah debat kusir. Debat kusir memang dilarang dalam Islam karena tidak didasari dengan ilmu ( bombastis ) dan tidak ada ujungnya. Sementara itu debat yang diperbolehkan dalam Islam adalah debat yang didasari dengan Ilmu dan menjadikan rahmat dari setiap perbedaannya.
Seruan retorikal dari al-qur’an ini ditunjukkan kepada nabi, dan siapapun dari umat yang mengikuti jejaknya. Karena dakwah kepada Alloh tidak hanya dikhususkan bagi nabi saja, melainkan umatnya juga.
Dalam konteks yang sama, al-qur’an juga menyeru nabi dengan firmannya :
Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik“ (qs.12 : 108)
Prinsip-prinsip retorika Islam :
1.      Dakwah Islam adalah kewajiban bagi setiap muslim
2.      Dakwah rabbaniyyah ke jalan Alloh
Ketika kita berbicara retorika Islam, maka erat kaitannya dengan syi’ar Islam. Sehingga timbul pertanyaan besar untuk kita jawab apakah syi’ar Islam sudah mewarnai  kampus ini ?.
Wallahu a’lam.(Zakaria)


Facebook Twitter Google+

Back To Top