Laman

Karena Islam Milik Kita Semua

Rabu, 23 Mei 2012

Managemen EO


 

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Apa kabar Sahabat?? semoga tetap sehat wal'afiat dan tetap dalam lindungan Allah SWT [amin].
Sahabat, pada tanggal 6 Mei 2012 Departemen Syiar mengadakan kegiatan yang sangat luar biasa sebagai awal pembekalan untuk kegiatan-kegiatan yang akan dijalankan oleh LDK UKDM UPI khususnya kegiatan besar yang sebentar lagi akan dilaksanakan di bulan Ramadhan nanti, yaitu RAMADHAN FAIR 2012. Kegiatan ini adalah Managemen EO yang diberikan oleh seorang pemateri yang luar biasa sering kita sapa dengan sebutan "Kang Ate".

Biasanya dalam sebuah acara terdapat dua kemungkinan yaitu :
 1. Masa terkumpul banyak dan acara lancar;
 2. Masa terkumpul sedikit, acara tidak teratur.
 Pastinya apabila kita sebagai panitia mengharapkan pilihan nomor 1 namun terkadang dalam setiap acara yang datang hanyalah itu itu saja, atau "4L" (Loe lagi loe lagi). Maka dari itu kita membutuhkan persiapan yang sangat matang agar kita bisa mencapai kesuksesan pada sebuah kegiatan. inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita akan mengadakan kegiatan:


·                     Konsep
          Ketika konsep dirancang matang maka acara akan berjalan lancar dan masa pun bisa dilihat banyak yang hadir, itupun tergantung dari tujuan kegiatannya.
·                     Momen (Waktu yang tepat untuk melaksanakan event)
          Agar tidak kehilangan momen yang tepat untuk melaksanakan kegiatan, usahakan publikasikan dengan baik, persiapkan jauh-jauh hari.Seperti menghubungi ustadz atau nara sumber lainnya yang berkaitan dengan kegiatan tersebut. Contoh momennya adalah Ramadhan Fair, Milad UKDM, hari-hari besar Islam jadikan momen kita. Lebih baik acara yang 'wah', kita bekerja maksimal. "Sinergi dengan elemen-elemen dakwah untuk menciptakan momen yang besar". 
·                     People (Orang yang tepat dalam melaksanakan tugas)
          Bagaimana jika amanah ini belum pernah dilakukan?? Sebagai bentuk pembelajaran itu tidak apa-apa, namun harus bisa diazzamkan sebaik-baiknya, diniatkan karena Allah SWT agar dalam menjalankannya tidak ada rasa beban sedikitpun.
·                     Place (Tempat yang tepat untuk melaksanakan kpegiatan)
          Salah satu yang perlu kita perhatikan adalah tempat. Biasanya tak jarang jika tempat menjadi salah satu penarik minat peserta, terkadang kalau tempat yang terkesan buruk maka tak jarang orang tidak menginguti kegiatan tersebut. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menetapkan tempat kegiatan adalah berapa orang pesertanya, indoor/outdoor, ada hiburan atau tidak, dll.
·                     Tools For Branding (Peralatan yang menunang pelaksanaan kegiatan)
           Tahukah kalau iklan yang di televisi itu bisa mencapai 200 jt sampai 2 Milyar !! Mereka berani membayar  sebesar itu demi mempublishkan branding yang dimilikinya. Ya itulah, kita harus bisa memperhitungkan berapa uang yang akan menjadi pengeluaran dan berapa uang yang akan menjadi pemasukkan. Dalam memperiklankan sebuah acara butuh peralatan yang menunjang untuk memperkenalkan kegiatan kita. Kita harus bisa 'ajeg' dalam pembuatan tools, contohnya spanduk, dll.
·                     Kejelasan Tugas  
          Untuk kelancaran persiapan kegiatan pastilah kita harus mengerti apa yang menjadi tugas kita sebagai panitia pelaksana kegiatan tersebut. Disinilah peran ketua pelaksana untuk bisa membuat job description untuk seluruh elemen kepanitiaan.Dari kejelasan tugas inilah setiap panitia pelaksana akan mengerti apa saja yang menjadi tugasnya dalam mempersiapkan kegiatan tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dalam melaksanakan sebuah kegiatan. Kita sebagai manusia memang hanya bisa menjalankan amanah ini sebaik-baiknya.Semua kita serahkan kepada Allah SWT karena Allah Maha Berkehendak.

Semoga bermanfaat :)


Facebook Twitter Google+

Back To Top