Laman

Karena Islam Milik Kita Semua

Rabu, 17 September 2014

Muslimah in The Kitchen #2

Bumi Siliwangi- Bukan Muslimah Sejati namanya jika tak belajar masak. Aduh, ungkapannya ‘berat’! hhe. Muslimah, Kamis sore memang selalu menjadi agenda rutin yang recommended banget buat kalian yang ngaku muslimah.
Kamis, 11-09-2014. Agendanya Sekolah Muslimah dengan tema, Muslimah In The Kitchen #2 “Fruit Salad Cita Rasa Muslimah”. Ingin tahu cara buatnya? Gampang kok, kita akan bagi-bagi resepnya.
Mula-mula siapkan bahan-bahannya sebagai berikut:

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
100 gram papaya
200 gram apel
100 gram semangka
100 gram melon
100 gram anggur
100 gram mangga
100 gram jeruk
50 gram keju cheddar

Bahan Saus:
2 btr kuning telur
1/2 sdt garam
290 ml minyak zaitun/minyak jagung, bisa diganti dengan minyak kelapa/kelapa sawit
1 sdm air jeruk lemon/nipis
1 sendok teh susu kental manis putih 
1/2 sendok teh air jeruk lemon 

Yuk mari, kita mulai prakteknya.
Potong buah-buahan dengan bentuk kotak atau bulat (terserah ya sesuai selera mau buah apa saja, lebih banyak macamnya lebih cantik). Setelah selesai di potong, simpan buah-buahan pada setiap mangkuk. Selesai dengan buah-buahan, kita lanjut buat mayonnaise nya. Sekedar informasi nih, mayonnaise itu gak rumit kok buatnya. Gampang banget tapi agak susah dikit hhe, dan dijamin murah meriah. Sayang kan kalau kita beli mayonnaise sachet Rp. 8000/100g. Belum lagi di supermarket yang harganya relative mahal. Aduh tekor dong kantong mahasiswa. Belum lagi kalau diluaran itu, dicampur bahan kimia berbahaya, ya seperti natrium benzoate, pemutih, ada yang pakai rhum juga. Ngeri ya? Hayu ah cuss kita buat saja sendiri. Enjoy it!
1) Pecahkan 2 buah telur, ambil yang kuningnya saja. Kocok (oh iya harus searah dan terus menerus)
2) Sambil dikocok masukkan minyak zaitun/minyak kelapa 290 ml secara bertahap per 1 sdm. Jadi begini maksudnya (1 sdm minyak - kocok - 1 sdm minyak lagi - kocok lagi) teruuus berlanjut sampai minyak habis dan mayounaisenya sudah mulai mengental. Pegal tangan jamin! Hhe
3) Tambahkan garam, merica, jeruk lemon secukupnya sebagai penyedap rasa.
4) Selesai.

Buah-buahan yang tadi sudah di potong, masukkan ke dalam piring. Ambil mayonnaise yang sudah jadi, dan tumpahkan diatas buah. Tambahkan susu kental manis, dan yang terakhir taburkan keju. Dan setelah itu… ada lagi?? Ada, sesi mencicipi makan-makan. Hhe
Kok simple ya? Iya dong. Kami selalu menyajikan yang simple tapi “wah”.
Muslimah, gimana bisa dicoba di rumah/kostan kan? Gak usah ragu. Langsung coba saja.
Ingat, Kamis sore jam 16.00 adalah harinya Muslimah UPI. Akan ada macam kajian dan kreativitas ala muslimah loh. Be there :)





Sumber : http://janatunojan.blogspot.com/2014/09/fruit-salad-cita-rasa-muslimah-ldk-ukdm.html?spref=fb
Facebook Twitter Google+

Back To Top